Bagaimana Tips untuk menjaga Kesehatan Mental saat Belajar Daring?


Bagaimana Tips untuk menjaga Kesehatan Mental saat Belajar Daring?

Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu terutama bagi pelajar. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Apa saja gangguan kesehatan mental yang dapat muncul dan bagaimana cara mengatasinya?

Pandemi telah mengubah banyak hal, terutama dalam pendidikan. Pada hal ini adalah belajar secara daring (online), hal ini merubah sistem pembelajaran diantaranya, interaksi melalui layar yang menyebabkan tubuh kita mudah lelah karna mata terlalu lama pada layar monitor, tantangan untuk menjaga konsentrasi lebih tinggi, bagi beberapa siswa memahami pelajaran tidaklah mudah, waktu tidur yang tidak tentu, dan sebagainya.

Lihat materi ini pada youtube: youtu.be/MHuzvLXPj7Y

Motivasi untuk Menjaga Kesehatan Mental saat Belajar Daring

 

Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental. Sehingga dapat belajar daring dengan nyaman dan dapat memahami apa yang dijelaskan. Solusi menjaga kesehatan fisik adalah denga makan dan minum yang cukup, istirahat yang berkualitas, dan selalu bergerak atau olahraga setiap harinya. Adapun ciri sehat mental diantaranya dapat memahami kelebihan diri, mampu mengatasi stres, mampu menjalankan peran sehari-hari dan berkontribusi untuk daerah sekitar.

Baca juga:

Amalkan bacaan Istighfar 1000 Kali sehari, Rasakan keutamaannya

 

Kemudian hal yang perlu dijaga juga adalah emosi, kognisi, dan relasi. Untuk menjaga emosi hal yang harus dilakukan adalah menerima segala macam emosi yang datang, lalu menentukan bagaimana cara mengatasi nya seperti (melatih skill, berbicara dengan yang lain, melakukan hal positif, dll). Pahami alasan emosi yang muncul dan buatlah strategi untuk mengatasinya.

salah satu cara untuk mengatasi emosi yaitu dengan teknik mengatur nafas yang benar (Butterfly Hug,). Untuk menjaga kognisi yang harus dilakukan adalah selalu melihat hal positif disekitar kita dimasa kini maupun dimasa yang akan datang, memulai langkah pertama dari yang mudah bermanfaat jika bisa untuk sekitar tapi jikat tidak untuk diri kita sendiri terlebih dahulu, jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki,tidak apa gagal terus kejar apa yang kita inginkan. Untuk menjaga relasi temukan dukungan-dukungan sosial. Meminta bantuan ketika memang membutuhkan bantuan dan temukan teman untuk bercerita atau menghabiskan waktu.

Baca juga:

Review buku Judul buku: Lindungi Anak dari Pengaruh Teman Buruk

Selain dari hal tersebut, kita juga perlu menjaga mental dan fisik kita dengan teknik ABC. Adapun ABC-nya itu yang dimaksud dengan Asupan bergizi, B itu bergeraknya cukup walaupun hanya melakukan olahraga di rumah saja kita bisa tetap bugar, lalu C-nya itu adalah cukup istirahat.

Sehat mental adalah suatu kondisi yang membuat kita mampu menjalankan kegiatan sehari-hari, menjadi orang yang merasa berarti, dan bisa membantu orang lain. Dengan menjaga kesehatan fisik, emosi stabil, pikiran jernih, dan relasi positif dalam perilaku sehari-hari.

Semoga bermanfaat

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Yang Lain

Artikel Terkait