Apa itu pertanian Cerdas (Smart Agriculture) dengan Teknologi Sains Data dan Big Data?


Apa itu pertanian Cerdas (Smart Agriculture) dengan Teknologi Sains Data dan Big Data?

Seiring perkembangan teknologi baik dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi  muncul teknologi baru yang disebut Smart Agriculture. Smart Agriculture merupakan  teknologi era  industry 4.0 untuk pengembangan pertanian modern. Teknologi ini merupakan evolusi dari precision farming. Precision farming adalah teknologi yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan presisi dari kegiatan pertanian di lahan, sehingga proses kontrol kegiatan tersebut dapat dilakukan tepat waktu. Aplikasi dari  smart agriculture mencangkup monitoring  hasil pertanian, pemetaan  lahan pertanian, manejemen  irigasi, penyimpanan produk pertanian, delivery produk pertanian ke konsumen, dan lain-lain.

 

Kenapa harus smart Agriculture? karena populasi terus bertambah dan kebutuhan utama dari

setiap  individu  terutama manusia  adalah makanan.  jadi makanan merupakan  kebutuhan utama yang kebutuhannya terus meningkat bukan hanya dari segi kuantitas tetapi juga dari segi kualitas.sehingga riset di dalam bidang pertanian itu akan terus berkembang selama makhluk hidup itu ada.

 

Baca juga:

Peluang Internet of Things (IoT) di indonesia

 

Apa saja Cakupan Smart Agriculture? untuk Cakupannya sebagai berikut :

1. Farm Management 

Pada cakupan ini dengan cara mengelola pertanian agar semakin produktif, sehingga dapat dilakukan dengan mengamati keadaan cuaca, menduga estimasi produksi, mengatur pemberian pestisida atau nutrisi.

2. Harvest 

Pada faktor ini, petani perlu memperhatikan penggunaan peralatan atau robot untuk membantu petani dalam kegiatan panen. 

3. Warehouse 

Mengelola penyimpanan produk pertanian dengan baik dengan memperhatikan tingkat kelembaban, dan temperaturnya agar kualitas tetap terjaga.

4. Shipping

Mengantar ke costumers dengan memperhatikan pengemasan agar kualitas barang tetap terjaga sampai ke costumers.

Baca juga:

Mengenal Konsep Internet of Things (IoT) dan implementasinya

 

Apa perbedaan antara Precision Farming dan Smart Farming?

1. Precision  Farming  adalah  teknologi  yang  bertujuan  untuk  mendapatkan  pengetahuan presisi   dari   kegitan   pertanian   di    lahan,   sehingga   proses   kontrol   kegiatan    tersebut dapat dilakukan    tepat   waktu.   Precision   Agriculture   atau   Precision   Farming   adalah  konsep pengelolaan pertanian modern menggunkan teknologi digital untuk memonitor dan mengoptimalkan proses produksi pertanian.

2. Smart    Farming    adalah  penggunaan  aplikasi    dan    data-rich  ICT-service    cerdas  yang dikombinasikan  dengan  perangkat  keras  (contoh  dalam  traktor,  greenhouse),  untuk menghasilkan makanan yang berkualitas. Smart Farming adalah penerapan teknologi data dan  informasi untuk proses optimasi sistem pertanian   yang kompleks untuk mendukung petani dalam pengambilan keputusan berdasar data riil. Pada Smart Farming tidak  hanya melibatkan mesin  untuk memonitoring dan mengoptimalkan  proses  produksi pertanian, tetapi mencangkup semua kegiatan di dalam pertanian. 

 

Baca juga:

Pengenalan pertanian cerdas (Smart Agriculture) dengan Teknologi Sains Data dan Big Data

 

Penerapan Machine Learning pada Smart Agriculture

 

 

Sehingga secara garis besar perbedaan Smart Agriculture dan Precision Agriculture yaitu

1. Smart Agriculture

Penerapan  teknologi  Internet  of  Things, Sensor,  Sistem  berbasis  lokasi, Robotika, dan kecerdasan buatan dalam pertanian dengan tujuan Penerapan  teknologi  Internet  of  Things,Sensor,  Sistem  berbasis  lokasi, Robotika, dan kecerdasan buatan dalam pertanian.

 

2. Precision Agriculture

Penerapan  teknologi  digital  dalam pengelolaan  pertanian  untuk  memonitor dan mengoptimalkan produksi pertanian digunakan  untuk mengukur  dan  menganalisis  kebutuhan tanaman dan lahan pertanian.

 

Video tentang Pengenalan pertanian cerdas (Smart Agriculture) dengan Teknologi Sains Data dan Big Data

 

 

 

Video tentang Penerapan Machine Learning pada Smart Agriculture

Demikian artikel tentang Pengenalan pertanian cerdas (Smart Agriculture) dengan Teknologi Sains Data dan Big Data, semoga bermanfaat.

 

 

 

INFORMASI:

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.

penulis

About Catur Budi Waluyo

<p> Suka otak atik yang penting menyenangkan dan bermanfaat saja. Administrator www.calesmart.com</p> <p> &nbsp;</p> <p> &nbsp;</p>

Learn More

Artikel Yang Lain

Artikel Terkait